PKK

Upaya pemerintah untuk memberdayakan kesejahteraaan keluarga terutama pada mayarakat desa dibentuklah unit PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Desa Sumbersuko unit organisasi PKK guna membantu masyarakat terutama para anggotanya untuk kesejahteraan keluarganya. Untuk mencapai tujuan tersebut para anggota PKK desa Sumbersuko diberikan bekal degan berbagai keterampilan. Keterampilan ini nantinya diharapkan mampu menunjang taraf hidup keluarga dengan membukan peluang usaha masyarakat.
Gerakan PKK Desa Sumbersuko bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.
Strategi PKK Desa Sumbersuko dalam upaya menjangkau sebanyak mungkin keluarga, dilaksanakan melalui “Kelompok Dasawisma”, yaitu kelompok 10 – 20 KK yang berdekatan. Ketua Kelompok Dasawisma dipilih dari dan oleh anggota kelompok. Ketua Kelompok Dasawisma membina 10 rumah dan mempunyai tugas menyuluh, menggerakkan dan mencatat kondisi keluarga yang ada dalam kelompoknya, seperti adanya ibu hamil, ibu menyusui, balita, orang sakit, orang yang buta huruf dan sebagainya. Informasi dari semuanya ini harus disampaikan kepada kelompok PKK setingkat diatasnya, yang akhirnya sampai di Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan
Kegiatan PKK desa sumbersuko ditentukan oleh program pemerintah kabupaten Bondowoso mengingat PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) merupakan bentukan dari pemerintah kabupaten. Kegiatan yang rutin dilakukan program bulanan yang dilakukan kabupaten, kemudian bulan berikutnya dilaksanakan oleh kecamatan dan terakhir diadakan oleh PKK unit desa. Sedangkan program mandiri PKK Desa Sumbersuko dilaksanaan dua bulan sekali dengan agenda kegiatan mengikuti iven yang diadakan pemerintah kabupaten.
Visi dan masi yang diusung oleh PKK Desa Sumbersuko  meliputi program pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan keterampilan ibu rumahtangga. Visi dan misi PKK Desa Sumbersuko adalah sebagai berikut :
Visi
“Terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan, dan kehadiran gender serta kesadaran hukum dan lingkungan”
Misi
  1. Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan keluarga.
  3. Meningkatkan peran masyrakat dalam berkoperasi serta meningkatkan pendapatan keluarga.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga.
  5. Meningkatkan pemanfaatan pekarangan melalui (hatinya) PKK, sandang dan perumahan serta tata laksana rumah tangga sehat.
  6. Meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan hidup serta membiasakan hidup berencana dalam semua aspek kehidupan dan perencanaan perekonomian keluarga dengan membiasakan menabung.